Home - Ebook - Catatan Kang Sun - Tips Ampuh Online - Biografi Sukses - Hot News - Ikut Suka Di Facebook
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Anda segera Bisa Mulai Mengumpulkan Uang Dengan Blog Gratis Anda Dengan Membaca Artikel-artikel ini.

Selasa, 07 Juni 2011

Belajar Ngeblog Dari Dewan Direksi General Motor

Penulis : Sunaryo Saripudin S.Pd

Silahkan Anda amati baik-baik bagaimana salah seorang yang termasuk dalam jajaran direksi general motor mengelola blog pribadinya yang banyak membicarakan mengenai perusahaannya, GM (General Motor).

Membuat blog merupakan pengalaman baru buat dirinya, ia benar-benar blogger pemula. Ia adalah Bob Lutz. Bob sudah berusia 70 tahun. Dia sudah bekerja di industri mobil sejak awal usia 30an.

Sebelum itu, ia adalah seorang penerbang tempur. Dia pernah bekerja di Ford, juga di Chrysler, di mana dia berada pada jajaran dewan direksi; dan dia bergabung dengan General Motors (GM) pada tahun 2001, sebagai wakil direktur untuk pengembangan produk.

Menjelang akhir tahun 2004, setelah tiga tahun masa jabatan Bob di GM, kinerja perusahaan itu memburuk. Harga saham anjlok. Para konsumen tidak antusias dengan lini produk baru, begitu pula dengan para kritikus mobil yang biasanya mengumumkan apa yang sedang tren di bisnis mobil.

Bob-salah seorang komunikator terbaik GM, pemimpin yang pandai bicara dan dinamis yang bersemangat terhadap produk-tidak bisa menyebarkan pesannya. Bob membutuhkan cara untuk berbicara langsung kepada orang-orang yang masih terbuka pada pesan GM.

Jadi, menjelang pameran mobil bulan Januari 2005, dia memutuskan bahwa dia tidak terlalu tua-dan GM tidak terlalu kaku-untuk mencoba sesuatu yang baru. Bob memulai sebuah blog yang dinamakan Fastlane.

Waktu sejak memutuskan sampai peluncuran : Tiga minggu. Lumayan mengagumkan untuk sebuah pabrik mobil Detroit yang konservatif.

Entri-entri pertama blognya agak kaku-sama sekali tidak seperti kebanyakan blogger di luar sana. Meskipun demikian, posting pertama Bob mendapat 121 komentar dari para pembaca. Orang ingin mendengarkan apa yang dikatakan GM. Ada yang mengecam, tetapi ada pula yang menyukai.

Ini adalah salah satu komentar pembaca FastLane tentang Pontiac GTO yang baru :
GTO adalah mobil yang hebat. Saya mengendarainya dan saya menyukainya. Saya tahu bahwa harganya mengejutkan sebagian orang. Tapi, kalau anda mengendarai mobil itu, anda bisa melihat bahwa uang itu dihabiskan di bawah lempengan baja. Tentu saja lempengan baja itu bisa mengunakan desainer yang lebih kreatif. Yang bisa benar-benar mencirikan GTO. Penampilannya tidak begitu prima, taoi itu mobil yang hebat, kalau anda bisa membelinya.

Dalam waktu beberapa minggu saja, Bob sudah melesat, menuliskan sebagai posting dengan judul-judul seperti "Surat Cepat Dari Ruang Pameran" dan "Terbaik di Kelasnya?" Rasakan Sendiri." Orang ini terlahir untuk mem-blog. Dia hanya membutuhkan teknologinya untuk menyalurkan hasrat dalam dirinya untuk berkomunikasi.

Beginilah tulisannya, hanya empat bulan setelah mulai blog-nya :
Apa yang awalnya adalah percobaan telah menjadi sarana komunikasi penting bagi GM. Ini telah memberi saya, secara pribadi, sebuah kesempatan untuk lebih dekat dengan Anda, publik. Sering kali, saya menemukan komentar-komentar anda mencerahkan dan mendorong. Kadang kala kritik anda keras. Namun, kenyataan bahwa anda tetap tertarik dan terus mempercayai upaya-upaya kami untuk mengembangkan produk-produk yang bagus adalah sebuah pemyemangat yang berharga.

FastLane tidak merevolusi GM. Ia tidak mengubah dinamika kompetisi dengan pabrik produsen mobil Jepang atau mengubah saluran distribusi yang bermasalah menjadi melunak. Namun ia telah merepolusi cara GM berkomunikasi. GM tak lagi perlu risau bahwa majalah mobil dan iklan TV yang mahal adalah satu-satunya cara untuk berkomunikasi dengan para komunikasi, penyalur, karyawan, dan investor-ia punya saluran langsung.

Semoga pengetahuan yang baru saja Anda peroleh, yang saya sarikan - dari Haris Priyatna : 178- bisa menambah wawasan Anda dalam ngeblog.

Berikan komentar tanggapan atau pendapat Anda karena saya yakin bisa sangat bermanfaat buat semua.

Tidak ada komentar:

GRATIS !Anda akan sangat betah baca Blog ini Untuk Belajar dapat Uang Dari Blog bersama saya

-------------------------------------------------------------------------------------

Apabila Anda pengunjung baru dan mungkin anda ingin menjadi manusia bermental tegar seperti baja agar senantiasa tenang meski beban hidup sangat berat, dapatkan Ebook GRATIS Spektakuler :"Bagaimana Hidup Berat Tetapi Terasa Tanpa Masalah-Menggelorakan gairah Hidup Tingkat Tinggi dalam Hitungan Menit"

--------------------------------------------------------------------------------------