Ini adalah studi kasus dari bagaimana
perusahaan di bidang properti atau real estate yaitu The Corcoran Group
menggunakan Facebook untuk membangun brand awareness di dunia online
khususnya sosial media.The Corcoran Group didirikan pada tahun 1976 di
New York, dengan bidang usaha utamanya adalah real estate. Spesialisasi
mereka adalah dalam penjualan dan penyewaan rumah di wilayah Manhattan,
Brooklyn dan wilayah The Hamptons anda Palm Beach.
Tujuan
The Corcoran Group menginginkan
jangkauan yang global di facebook untuk meningkatkan engagement
(kedekatan emosional) dengan calon pembeli rumah potensial, khususnya
untuk wilayah New York dan umumnya untuk industri real estate atau
properti di wilayah lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat
brand awareness di dunia online, yang dilakukannya antara lain :
- Membangun komunitas dimana orang bisa memulai perbincangan atau diskusi seperti “ bagaimana persaan mereka tinggal di New York?”
- Menghubungkan dengan kumpulan orang yang tertarik untuk membeli rumah sebelum memutuskan mengunjungi agen real estate atau properti
- Mendorong awareness Corcoran dan menyediakan informasi tentang aktivitas agen ini
Pendekatan
Page atau halaman
Untuk membuat komunitas di Facebook
dimana perusahaan bisa membangun engagement dengan orang yang tinggal di
New York, The Corcoran Group membuat Halaman facebook atau fanpage
sebagai tempat untuk memulai komunikasi dengan para pembeli rumah , hal
lain yang dilakukan adalah :
- Membuat tab apps “Do”more” fitur tersebut untuk membuat banyak jalur agar orang bisa terhubung dengan agensi termasuk facebook, youtube, twitter, foursquare dan aplikasi smart phone.
- Posting status untuk memicu diskusi tentang hal – hal yang relevan dengan topik di New York , termasuk acara acara besar di New York dan bintang New York seperti Jeremy Lin.
- Posting foto yang menarik yang menggambarkan semangat kota tersebut dan hal hal lain di sekitar wilayah New York yang hanya di ketahui oleh penduduk lokal.
Ads atau iklan
Untuk meningkatkan awareness The
Corcoran Group menjadi lebih jauh dan hebat lagi di wilayah New York,
perusahaan tersebut menggunakan Facebook Ads untuk mendatangkan fans ke
halaman Facebook mereka.
- Ads mendorong fans untuk like fanpage dengan reward bisa mendapatkan berita terbaru seputar kuliner , shopping dan kehidupan malam.
- Ads di targetkan kepada orang yang belum terkoneksi dengan halaman facebook atau fanpage The Corcoran Group tapi teman temannya sudah terhubung. Serta orang di Pantai Timur dan Pantai Barat kota New York.
- Konsenstrasi biaya ads per bulannya di alokasikan dalam 2 – 3 hari pertama untuk setiap bulannya, kemudian dilakukan komunikasi untuk engagement.
Hasil
- Pengunjung atau visitor dari facebook 2 kali lebih besar di bandingkan platform advertising lainnya
- Nomor dua dalam hasil pencarian secara organik untuk Corcoran fanpage, berikutnya baru wesbitenya
- Jangakaun posting status di facebook 6x lebih besar pada saat ads berjalan
- Page views meningkat 10 kali lipat lebih pada saat ads berjalan
“Faktor kunci dalam menentukan tempat
tinggal di New York City adalah apa yang ada di sekitar gedung apartemen
dan apa saja yang terdekat. Bagi banyak orang, itu sama pentingnya
dengan apartemen itu sendiri. Semua pemasaran online kami diinformasikan
oleh ide ini, sesuatu yang kita sebut dinding ‘Facebook. Facebook
adalah platform yang sempurna untuk berbagi informasi tentang
lingkungan, apa yang sedang panas di kota, wawasan, informasi yang
berguna, dan yang paling penting, untuk menjawab pertanyaan tentang
bagaimana rasanya tinggal di sini. “
Matthew Shadbolt , Director Of Interactive Product & Marketing, The Corcoran Group
(http://www.konsultanfacebook.com/studi-kasus-bagaimana-agen-atau-broker-properti-new-york-menggunakan-facebook-ads-untuk-membangun-brand-awareness/)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar